Isnin, Mac 07, 2016

ABDULLAH BIN JAHSY - PEJUANG UHUD

عبد الله بن جحش من المهاجرين وهو إبن عمة النبي صلى الله السيدة أميمة بنت عبد المطلب وهو صهر النبي لأنه أخو زينب بنت جحش زوجة النبي صلى الله عليه وسلم. وهو أول من عقد له النبي لواء في سرية قبل غزوة بدر وقسم له بالغنائم. وفي ليلة غزوة أحد جلس عبدالله ابن جحش مع سعد بن معاذ وقال له: يا سعد هيا بنا ندعو ونؤمن على دعاءنا فدعا سعد ابن معاذ: اللهم إني أسالك أن ترزقني غدا رجل من الكفار شديد القوة أقاتله ويقاتلني فأقتله ثم أسألك أن ترزقني رجل من الكفار شديد القوة أقاتله ويقاتلني فأقتله ثم أن ترزقني رجل من الكفار شديد القوة أقاتله ويقاتلني فأقتله فأمن عبدالله بن جحش على دعاء سعد. أما هو,عبد الله ابن جحش, فدعا: اللهم إني أسألك أن ترزقني غدا رجل من الكفار شديد القوة أقاتله ويقاتلني فأقتله ثم ترزقني رجل من الكفار شديد القوة أقاتله ويقاتلني فأقتله ثم ترزقني رجل من الكفار شديد القوة أقاتله ويقاتلني فيقتلني ويبقر بطني ويقطع أذني ويجدع أنفي فآتيك هكذا يوم القيامة فتقول لي: لم حدث ذلك لك يا عبدالله؟ فأقول: فيك يا رب, من أجلك يا رب قتقول لي: صدقت. فقال سعد بن معاذ بعد المعركة للرسول صلى الله عليه وسلم: فما كان لي هم إلا أن أرى ما فعل الله به, والله يا رسول الله رأيته(عبد الله بن جحش) يوم أحد شهيدا مقتولا وقد بقرت بطنه وقطعت أذنه وجدعت أنفه ورأيت بجانبه إثنين من الكفار قتلى فقلت صدق الله فصدقه الله, وإني لأرجو أن يتم الله له باقي الأمنية بأن يقول الله له يوم القيامة صدقت
الدنقلاوي
Abbdullah bin Jahsy keluarga dekat bagi Rasulullah sollahu alaihi wasallam. Beliau pernah dilantik ketua dalam satu pasukan tentera dalam Perang Badar, merupakan orang yang awal awal diberikan harta rampasan perang.
Ketika perang Uhud suatu ketika beliau bersama dengan Saad bin Muaaz, dia berkata kepada Sa’ad, wahai Saad’ “Marilah kita sama-sama berdoa dan sama-sama percaya”, lalu Saad ibnu Muaazpun berdoa “Ya Rabbi, Sekiranya aku dipertemukan dengan musuh, maka pertemukanlah aku dengan musuh yang berbadan besar, gagah dan penuh emosi, aku akan memerangi dia sebagaimana dia memerangiku. Kemudian Ya Rabbi, berilah aku kemenangan dengan mampu membunuhnya lalu aku mengambil rampasannya.”
Abdullah bin Jahsy mengaminkan doa Saad,  lalu dia pun memanjatkan doa, “Ya Allah, pertemukanlah aku dengan musuh yang kuat dan pemberani sehingga aku akan membunuhnya di jalan-Mu dan dia juga memberikan perlawanan kepadaku, kemudian ia berhasil menguasaiku dengan menebas hidung dan telingaku. Sehingga kelak, ketika aku datang menghadap-Mu, Engkau akan bertanya kepadaku, ‘Siapa yang menebas hidung dan telingamu ini?’ Maka ketika itu aku akan menjawab, ‘Semua ini aku lakukan di jalan-Mu dan karena rasul-Mu semata.’ Dan Engkau akan membenarkan ucapanku.”
Sa’ad berkata, “Wahai anakku, Doa Abdullah bin Jahsy lebih bagus daripada doaku. Pada siang hari peperangan itu, aku benar-benar melihatnya terbunuh sementara hidung dan telinganya tergantung pada seutas tali.” (Al-Haitsami berkata, 9/303, “Perawinya adalah perawi yang shahih.”)

Tiada ulasan: